Lima Fitur Menakjubkan Windows 10 [VIDEO]

Regenerasi windows , mulai dari windows 95 hingga kini sampai ke versi windows 10 yang memakan waktu kira kira 20 tahun lebih telah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Perubahan yang cukup besar terletak pada tampilan dan fitur yang tersemat di dalam windows itu sendiri. Dari tampilan yang sederhana hingga tampilan yang simple dan modern. Dari fitur yang cukup sederhana hingga fitur yang menambah user experience lebih wahh. Untuk lebih mengenal fitur windows, khusunya windows 10, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 5 fitur menakjubkan yang tersemat di dalam windows 10. Apa sajakah fitur tersebut ? Silahkan saksikan video berikut ini.



5 fitur menakjubkan windows 10


1. CORTANA

fitur windows 10 - cortana
Cortana windows 10

Cortana adalah fitur yang cukup menakjubkan. Memungkinkan penggunanya bagaikan mempunyai asisten pribadi dalam bentuk virtual. Asisten virtual yang bisa mengatur pengingat, menjawab pertanyaan, memutar musik,membuka palikasi, pelacak jadwal dan lain sebagainya. Untuk melakukan itu semua, cortana merespon perintah dengan mode suara (microphone). Cukup dengan mengucapkan perintah suara "hey cortana" maka seketika cortana akan aktif. Cortana bisa menanggapi perintah suara kamu dan memahami suara secara alami. Jadi kamu bisa melakukan aktifitas seperti membuka aplikasi dan memutar lagu/stop lagu tanpa harus terlalu dekat dengan PC/laptop dan tanpa menggunakan keyboard dan mouse. Cukup dengan perintah suara maka apa yang kamu inginkan bisa dengan mudah dilakukan. Namun sayangnya saat tulisan ini dibuat, Cortana windows 10 belum support bahasa Indonesia. Jadi buat kamu yang domisili di Indonesia bisa menggunakan bahasa inggris (US/UK). Tertarik untuk mencoba? setting terlebih dahulu cortana di windows 10 milikmu. Untuk lebih detailnya silahkan simak Cara mengaktifkan Cortana windows 10.


2.  WINDOWS HELLO

windows hello windows 10
Windows hello

Cara aman login ke windows 10 dengan fitur windows yang satu ini. Kenalkan namanya "Windows Hello". Fitur ini sangat kamu butuhkan ketika keamanan device adalah prioritasmu. Dengan adanya fitur ini , kamu bisa login dengan cara menggunakan deteksi wajah, sidik jari dan iris. Jadi saat windows dalam keadaan lock / awal start up , cukup berada di depan laptop maka kamu bisa login secara otomatis setalah windows hello mendeteksi wajah dan iris. Namun sayangnya, untuk menikmati fitur ini PC/ Laptop kamu harus sudah support Kamera Intel RealSense 3D dan Kamera Infrared. Untuk lebih mengetahui fungi dari windows hello silahkan simak tulisan mengenai Apa Fungsi Windows Hello.


3. CONTINIUM

continium windows 10
Continium

Continium adalah sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memilih mode tampilan. Antara tampilan mode desktop (dengan mouse dan keyboard) atau tampilan mode tablet (layar sentuh tanpa mouse dan keyboard yang terhubung). Hal ini bisa dilakukan pada tablet 2 in 1 hibrid. Dengan fitur ini memungkinkan kamu bisa beralih antara mode tablet (layar sentuh) ke mode desktop (keyboard dan mouse). Caranya dengan copot dan pasang keyboard sesuai selera, maka secara otomatis akan ada notifikasi untuk beralih fungsi ke mode desktop atau mode tablet.

Sedangkan fitur Continuum pada Windows 10 versi mobile memungkinkan pengguna untuk mengubah smartphone mereka menjadi sebuah perangkat PC. Jadi nantinya smartphone berbasis windows tersebut bisa dihubungkan ke layar monitor, keyboard dan juga mouse selayaknya sebuah PC.
Contoh kasus : saat kamu sedang travelling, kemudian kamu menginap di hotel, tiba tiba di telp ada tugas dadakan. Maka kamu bisa langsung menghubungkan smartphone kamu ke monitor tv yang ada di hotel untuk mengerjakan tugas tersebut agar lebih nyaman (ukuran layar yang besar).


4. START MENU

custom start menu windows 10
Start menu windows 10

Di windows 10 ini merupakan lahirnya kambali Start Menu yang pada windows 8 telah dihilangkan. Terakhir penggunaan start menu adalah pada saat menggunakan windows 7. Namun akhirnya sekarang start menu hadir kembali di windows 10 dengan tampilan yang simple dan bisa di custom sesuai selera. Inilah salah satu keunggulan fitur terbaru windows 10. Fitur dimana pada start menu kamu bisa merubah size (ukuran) start menu, drag and drop menu, urutan aplikasi , pin / unpin aplikasi dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan.

5. MICROSOFT EDGE

microsoft edge
Microsoft edge

Browser bawaan windows 10 ini merupakan salah satu browser yang memiliki beberapa keunggulan. Di dalam browser ini kamu bisa pin tab, mengambil snapshoot screen dan menggambarnya di One Note. Fitur yang membuat istimewa adalah terintegrasi dengan Cortana. Contohnya : jika kamu mengunjungi website restaurant, Cortana akan muncul secara otomatis dibagian atas screen dan akan merekomendasikan waktu , arah (direction) dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin mencari informasi tentang sesuatu , kamu cukup blok tulisan tersebut ( contoh nama orang / barang) - klik kanan - lalu pilih "Ask Cortana" . Maka cortana akan mencarikan referensi jawaban yang pas dengan apa yang dimaksud.

Eiichiro Oda
Ask cortana

Itulah 5 fitur menakjubkan dari windows 10. Sebenarnya masih ada banyak fitur baru yang disematkan di windows 10. Tetapi belum kita bahas pada tulisan kali ini. Semoga bacaan ringan ini  bermafaat . Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar. SALAM WINDOTEN.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Lima Fitur Menakjubkan Windows 10 [VIDEO]"

banner