Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Pengen install windows 10? Tapi binggung caranya? Netbook kamu tidak ada DVD Room-nya? Jangan khawatir, pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat bootable windows 10 lewat flashdisk yang nantinya bisa kamu gunakan untuk install windows 10. Cara ini adalah salah satu cara yang efisian dan tidak perlu mengeluarkan biaya (seperti membeli Kepingan DVD). Dengan cara ini kamu tidak perlu memikirkan yang namanya DVD Room . Karena untuk membuat bootable lewat flasdisk ini kita hanya memerlukan 3 element , yaitu :

1. Flashdisk dengan kapasitas 6GB ke atas
2. File windows10.iso . Kamu bisa download disini gratis. Atau kalau kamu belum punya bisa minta ke sahabat kamu.
3, Software WinUSBMaker. Bisa download disini (ukuran 3 MB)

Cara bootable lewat flashdisk
Bootable windows lewat flashdisk

Langkah - langkah membuat bootable flashdisk :

1. Tancapkan flashdisk ke PC/ Laptop . Format flashdisk. Pastikan tidak ada file penting di dalam flashdisk. Jika masih ada file penting, kamu bisa pindahkan terlebih dahulu ke PC/ Laptop kamu. Karena nantinya semua data yang ada di dalam flashdik akan terformat/ terhapus.

flasdisk format
Format flashdisk

2. Buka software WinUSBMaker yang sudah didownload tadi. Pada bagian atas pilih/centang yang .ISO (karena kita menggunakan file iso windows10). Pilih flashdisk yang akan digunakan untuk tempat windows 10 nantinya (biasanya secara otomatis akan muncul sendiri).
membuat bootable flashdisk
WinUSBMaker

3. Masukkan file windows.iso dengan cara pilih pada "Browser ISO Image"- Cari file windows.iso - klik "open".

cari file iso
browser ISO Image

4. Pilih Make it Bootable . Jika file iso sudah dimasukkan dan flashdisk sudah dipilih. Langkah selanjutnya adalah membuat flashdisk tersebut bootable. Caranya dengan klik "Make it Bootable".

Pilih make it bootable
Make it bootable

Akan muncul notifikasi "All USB data will be lost with it ! Continue?" (Semua data USB akan hilang, Lanjutkan?) , jika sudah siap kli "Yes" . Tunggu proses hingga selesai.

Cara membuat bootable windows 10 lewat flashdisk
Pilih Yes

Setelah menunggu kurang lebih 20 menit, maka akan muncul notifikasi jika sudah berhasil. Kamu bisa lihat di dalam flashdisk sekarang sudah terisi file "windows 10".

membuat flashdiks bootable
Flashdisk bootable berhasil dibuat

Sekarang kamu bisa menggunakan Flashdisk ini untuk install windows 10. Restart PC/ Laptop - Masuk ke BIOS - Ganti Boot Priority dengan USB Flashdisk di atas/paling awal - Restart PC/ Laptop - Akan muncul tulisan "Press any key to...." - Klik sembarang tombol - Maka kamu sudah berhasil masuk ke installan windows 10. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak pada tulisan "Inilah Cara Install Windows 10"

Semoga sedikit sharing ini bisa bermanfat buat kamu. SALAM WINDOTEN.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10"

Post a Comment

banner